Jemeirah Beach DUBAI, 17 Nopember 2012

koleksi foto

22 February 2010

PENGALAMAN TUGAS DI KBRI BANDAR SERI BEGAWAN - BRUNEI DARUSALAM , 1999 - 2003


BERSAMA RCTI DI BANDAR SERI BEGAWAN, 2002

0-h/kamera++kodak+008.jpg">
NOMPEMBER 1999 FOTO BERSAMA KELUARGA SEBELUM TUGAS DI BANDAR SERI BEGAWAN 1999-2003


AIRPORT INTERNASIONAL BANDAR SERI BEGAWAN


INDONESIAN EMBASSY ( KBRI ) BANDAR SERI BEGAWAN BRUNEI DARUSALAM 1999 - 2003



HOME STAFF KBRI BRUNEI PADA UPACARA HUT RI 17 AGUSTUS 2000 DI KBRI


UPACARA BENDERA HUT RI 17 AGUSTUS 2000 DI KBRI BANDAR SERI BEGAWAN


PERTEMUAN PRESIDEN ABDULRAHMAN WAHID DG MASYARAKAT INDONESIA DI BRUNEI - TAHUN 2000


KUNJUNGAN PRESIDEN ABDULRAHMAN WAHID KE BRUNEI TAHUN 2000 DENGAN SULTAN BRUNEI


ACARA HIBURAN MUSIK HUT RI AGUSTUS 2000 OLEH KBRI BANDAR SERI BEGAWAN


MASJID OMAR ALI SAIFUDIN BANDAR SERI BEGAWAN


DI AIPORT BRUNEI TUGAS TAMU NEGARA PRESIDEN ABDULRAHMAN WAHID TAHUN 2000 KE BRUNEI





Keluarga Besar KBRI Bandar Seri Begawan di Wisma Duta Brunei


" PENGALAMAN TUGAS DI KBRI BANDAR SERI BEGAWAN ,NEGARA BRUNEI DARUSSALAM "


Negara Brunei Darussalam dengan ibukota Bandar Seri Begawan, adalah negara kecil dengan penduduk hanya lebih kurang 380.000, terletak paling Utara pulau Kalimantan atau Borneo, seluas hampir setengah Propinsi Jawa Tengah, tetapi cukup besar pemasukan dari devisa hasil minyak dan gas alam.

Kesejahteraan serta kemakmuran negara dan rakyat membuat kita kagum, gaji pegawai negeri adalah tertinggi dibanding swasta, pendidikan serta pelayanan kesehatan gratis. Kotanya bersih, aman, religius, adem ayem, biaya hidup hampir sama dengan Singapura, Dollar Brunei kursnya disamakan dengan Dollar Singapore. Untuk biaya hidup sehar-hari hampir sama dengan Singapore, khususnya makanan, sewa rumah dan lainnya, tapi harga kendaraan roda empat jauh lebih murah dari pada di Indonesia, katanya import mobil tidak dikenakan bea masuk.

Produk makanan dan barang lainnya hampir semua impor, dari Indonesia bersiliweran dijalan-jalan yang mulus diseantero negera Brunei Darusalam adalah mobil Toyota Kijang diantara mobil-mobil mewah terkini, dan dijalan jarang kelihatan orang mengendarai sepeda motor. Untuk investor air minum adalah perusahaan dan tenaga ahli dari Indonesia dengan nama air minum "Sehat", selain itu banyak perusahaan Indonesia yang membuka investasi dan usaha di Brunei Darusalam, seperti outlet alat kecantikan, restauran makanan Indonesia, pemeliharaan kuda -kuda piaraan Sultan dan jenis usaha lainnya.

Jumlah orang Indonesia yang bekerja di Brunei Darusalam dari media diperkirakan 25.000 orang , sebagai Dosen, Pengajar, Guru Ngaji, Tenaga ahli perminyakan, sopir, pembantu rumah tangga, pengelola Istana Sultan dikontrak oleh Hyatt dan sebagainya.

Tempat Hiburan di Jerudong Park, ada tempat untuk pementasan musik yang sering manggung, dari Indonesia seperti Koes Plus, Gigi, Dangdut dllnya kadang di diadakan di gedung yaitu konser Oma Irama, Krisdayanti dll.
Tempat billiard, karaoke, minuman keras tidak ada dan tidak dijual, restoran menu apa saja yang halal ada disetiap sudut kota dengan harga hampir sama dengan di restoran di Singapura. Biasanya para TKI ataupun WNI lainnya kalau akan mengirim uang ke wilayah seluruh Indonesia melalui jasa pengiriman uang yang tersebar di berbagai pertokoan, karena Bank nasional Indonesia tidak ada di Brunei Darussalam.

Olah raga tempat tersedia semua mulai dari Golf yang termahal di Empire Hotel Jerudong sampai Atletik, juga setiap hari Jum'at sore KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan senam bersama dan latihan olah raga Volley ball, setiap HUT RI 17 Agustus diadakan pertandingan antar WNI.
Juga dalam rangka menyambut HUT RI diadakan acara Hiburan dilapangan adalah pementasan musik Dangdut dan lainnya bagi warga Indonesia yang ribuan bekerja di Brunei Darusalam, diadakan oleh Panitia dari KBRI dan masyarakat Indonesia.

Kenangan indah bagi saya sepanjang hidup disamping keberuntungan ,selama 4 tahun di Brunei, pada tanggal 6 Juni 2003 di Royal Brunei (RBA) Golf,saya bermain Golf bersama Home Staff KBRI Brunei dan mendapatkan " Hole In One " artinya di par 3 memukul sekali dengan jarak 120 m dari Tee Box langsung masuk di lubang berbendera di green melewati danau ke kecil. Sebagai kenangan dari manajemen RBA mendapat sertipikat sebagai tanda penghargaan "Hole In One".

Royal Brunei adalah maskapai penerbangan milik negara Brunei, untuk rute Jakarta - Bandar Seri Begawan dengan jadwal 3 atau 4 kali seminggu, kadang pada hari besar diberikan diskon harga murah. Bisa juga via Singapore ke Bandar Seri Begawan dengan Singapore Airlines.

Pada hari libur orang Brunei banyak yang ke Miri Serawak hanya 2 jam dengan mobil atau dengan feri 1 jam ke Labuan Sabah.
Tempat-tempat yang bisa dikunjungi adalah Kampung Air, daerah tempat tinggal orang Brunei yang rumahnya diatas sungai dan tempat parkir dipinggir sungai penuh dengan mobil mewah terkini, kota kecil Seria berbatasan dengan Serawak, Taman Nasional Temburong dengan sungai dan hutan yang bersih, Pertokoan Yayasan di Bandar Seri Begawan, Masjid Jami Asr Hasanal Bolkiah di Bandar Seri Begawan, Masjid Omar Saifudin di Bandar Seri Begawan, Jerudong Park, taman yg bersih di Jerudong tempat rekreasi keluarga, dan lainnya.

Bahasa Brunei adalah bahasa Melayu hampir sama dengan Bahasa Indonesia, tetapi karena sebagai negara Persemakmuran Inggris maka bahasa Inggris sebagai bahasa ke 2.

Untuk bahasa Brunei dan bahasa Indonesia ada beberapa arti yang berbeda dengan bahasa Indonesia, seperti bahasa Brunei : "Ibu Pejabat " artinya Kantor Pusat, "Jemputan" artinya Undangan, "Butuh" artinya Alat Kelamin.
Jadi kalau bahasa Brunei " Ibu Pejabat Butuh Jemputan " artinya ..... ? Begitulah sedikit perbedaan dalam bahasa, jadi harus hati-hati dalam penggunaan sehari-hari di Brunei.

Pengalaman tugas di KBRI Bandar Seri Begawan 4 tahun dari 1999 sampai 2003 bersama keluarga tinggal di Brunei Darusalam sangat berkesan dan pengalaman hidup yang manis untuk dikenang sepanjang hayat. ( T. Gunawan Razuki )




EMPIRE GOLF TERMAHAL


BERSAMA STAF KBRI BRUNEI


MENYUSURI SUNGAI DI TEMBURONG BRUNEI


BERSAMA STAF KBRI BRUNEI


MASJID JAMI ASR HASANAL BOLKIAH BANDAR SERI BEGAWAN


LIBURAN BERSAMA DI PANTAI MIRI SERAWAK MALAYSIA


KAMPUNG AIR BANDAR SERI BEGAWAN

1 comment:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259











    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete